Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Perspektif Mahasiswa Psikologi

Nisa’, Fina Zakiyyatun (Unknown)
Laili, Nurfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas masalah prokrastinasi akademik yang lazim terjadi di kalangan mahasiswa, khususnya di Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Dengan tujuan untuk memahami hubungan antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik, 270 mahasiswa disurvei dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan (r = -0.438, p <0.001) antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi UMSIDA. Hal ini menunjukkan bahwa ketika prokrastinasi akademik menurun, self-regulated learning meningkat, dan sebaliknya. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan strategi self-regulated learning untuk mengurangi prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan kinerja akademik dan kesuksesan mereka secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...