Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMA

Khamdani, Muchammad Khozin Birrul (Unknown)
Widyastuti, Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan fenomena siswa yang melakukan tindakan bullying di sekolah. Banyak siswa yang melakukan tindakan kekerasan seperti memukul kepala temannya meskipun bergurau maupun melakukan ejekan kepada temannya. Variabel dalam penelitian ini yaitu iklim sekolah dan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo yang berjumlah 1.259 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 297 siswa berdasarkan tabel Krejcie & Morgan dengan taraf kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala iklim sekolah dan skala perilaku bulyying. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Spearman Rho’s dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi rxy = -0.912 dengan sig p = 0.000 < 0.05 hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying dimana semakin tinggi iklim sekolah maka semakin rendah perilaku bullying dan sebaliknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...