Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kelekatan yang aman dan kecerdasan emosional di kalangan remaja yang bersekolah di sekolah menengah atas. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, 275 siswa dari SMAN 3 Sidoarjo menjadi sampel penelitian. Skala Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) menilai kelekatan yang aman (kelekatan ibu α = 0,946, kelekatan ayah α = 0,942), sedangkan kecerdasan emosional diukur menggunakan skala dengan α = 0,959. Analisis statistik menggunakan SPSS 22.0 menunjukkan adanya korelasi positif (r = 0.357, p <0.05) antara kelekatan yang aman dan kecerdasan emosional. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kelekatan aman sejak dini dalam menumbuhkan kecerdasan emosional selama masa remaja, yang menunjukkan implikasi untuk intervensi psikologi pendidikan dan perkembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan emosional pada remaja.
Copyrights © 2024