Latar belakang: Self Efficacy merupakan keyakinan dalam diri seseorang terhadap kemampuan yang dimiliki bahwa seseorang mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi suatu situsi serta keyakinan bahwa seseorang akan berhasil dalam melakukannya. Tujua: penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh self Efficacy dengan hasil belajar IPAS Peserta didik. Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis ex post fakto, dengan jumlah sample sebanyak 87 siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data pada variable Self Efficacy mempergunakan kuisioner dengan 12 butir item dengan mempergunakan skala likert, sedangkan variable hasil belajar dengan mempergunakan nilai ujian Tengah semester siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya. Uji validitas menunjukkan r hitung > 0.211 pada tabel sedangkan reliabilitas menunjukkan 0,684 > 0.60 sehingga butir item dinyatakan valid serta reliabel. Hasil uji t diperoleh hasil koefisien regresi senilai – 0.211, dengan nilai t – 15,331 dengan sig 0,000. Hasil temuan: menunjukkan self efficacy mempunyai pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPAS, tetapi arah pengaruhnya negative. Kesimpulan : Arah pengaruh self efficacy negative bisa diakibatkan adanya factor-faktor lain yang menyebabkan arah pengaruhnya negative, diantaranya kurang tantangan dalam materi pelajaran, ataupun metode pembelajaran yang kurang menarik.
Copyrights © 2024