SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Literasi sains pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berpendekatan scientific inquiry

Istiqana Tri Rokhayati (Unknown)
Pinkan Amita Tri Prasasti (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi sains pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berpendekatan scientific inquiry. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini library research atau studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari berbagai basis literatur baik buku maupun artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini bahwa literasi sains melalui pendekatan scientific inquiry mampu menghantarkan siswa untuk memiliki kemampuan proses ilmiah, sikap ilmiah serta mampu mengkomunikasikan sebuah permasalahan secara ilmiah. Literasi sains sangat dibutuhkan dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Dalam kurikulum 2013 pendekatan scientific sangat menonjolkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta menekankan pada proses berinquiri melalui tahapan pendekatan scientific. Pendekatan scientific inquiry merupakan kegiatan dimana pertanyaan dan proses masih ditentukan oleh guru, akan tetapi siswa menghasilkan suatu penjelasan yang didukung oleh bukti-bukti yang telah dikumpulkan. Pendekatan ini dapat melatih peserta didik untuk menjadi ilmuawan dalam menemukan konsep yang dipelajari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...