SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Peningkatan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantu kuis interaktif pada siswa kelas IV SDN 2 Ganungkidul

Devy Kumalasari (Unknown)
Sri Lestari (Unknown)
Sunarsi Sunarsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Tujuan pengkajian penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk melihat perubahan tingkat hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu kuis interaktif pada pembelajaran matematika. Siswa kelas IV SDN 2 Ganungkidul Nganjuk merupakan sasaran di penelitian ini. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Pembelajaran di tahap pengkajian dilaksanakan selama dua siklus. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes evaluasi (asesmen), dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 , rata rata jumlah siswa yang nilainya diatas KKM ada 65% sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang nilainya diatas KKM naik menjadi 92%. Temuan ini menunjukkan keberhasilan dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu Kuis Interaktif sebagai media pendukung. Keberhasilan  dalam peningkatan kemampuan siswa dapat ditunjukkan pada hasil temuan ini. Siswa kelas IV menyukai strategi pengajaran ini dan media yang terkait karena mereka dapat belajar sambil bersenang-senang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...