Tujuan pengkajian penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk melihat perubahan tingkat hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu kuis interaktif pada pembelajaran matematika. Siswa kelas IV SDN 2 Ganungkidul Nganjuk merupakan sasaran di penelitian ini. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Pembelajaran di tahap pengkajian dilaksanakan selama dua siklus. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes evaluasi (asesmen), dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 , rata rata jumlah siswa yang nilainya diatas KKM ada 65% sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang nilainya diatas KKM naik menjadi 92%. Temuan ini menunjukkan keberhasilan dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu Kuis Interaktif sebagai media pendukung. Keberhasilan dalam peningkatan kemampuan siswa dapat ditunjukkan pada hasil temuan ini. Siswa kelas IV menyukai strategi pengajaran ini dan media yang terkait karena mereka dapat belajar sambil bersenang-senang.
Copyrights © 2023