Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui permainan Dakon pada kelas V di SDN 1 Babadan, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Babadan Kabupaten Nganjuk pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal evaluasi berupa soal cerita bercirikan HOTS pada materi operasi hitung pembagian dan perkalian. Hasil penelitian adalah penerapan permainan dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian. Nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada prasiklus sebesar 63,18 menjadi 75,00 pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,55 pada siklus kedua. Siswa yang mampu mencapai KKM pada prasiklus sebesar 55% meningkat menjadi 73% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 77% pada siklus kedua. Penerapan permainan Dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Babadan Kabupaten Nganjuk.
Copyrights © 2023