KOPEMAS
Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

MANAJEMEN PEMASARAN KAMBING DAN DOMBA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Enike Dwi Kusumawati (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Pieter Sahertian (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Akhmad Zaini (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Harga kambing dan domba yang turun saat masa pandemi covid-19 serta terkendalanya pemasaran di Kabupaten Ponorogo menyebabkan pendapatan peternak kambing dan domba di Kabupaten Ponorogo menurun sampai hampir mencapai 50%. Tujuan kegiatan ini antara lain memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran di masa pandemi covid-19 seperti pembuatan website ataupun media pemasaran online lainnya untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan peternak sehingga dapat meningkatkan penjualan ternak yang secara otomatis pendapatan peternak akan bertambah. Metode dan tahapan pelaksanaan mulai dari identifikasi kebutuhan masyarakat, perancangan, pembuatan, uji operasi, pendampingan operasional, dan diseminasi teknologi tersebut kepada mitra adalah sebagai berikut: 1) wawancara dan kunjungan kepada mitra dilakukan secara langsung maupun melalui sarana komunikasi online; 2) diskusi dan ceramah tentang penyelesaian permasalahan mitra; 3) manajemen pemasaran; 4) Pendampingan program; 5) monitoring dan evaluasi program kegiatan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan, demplot berjalan dengan sangat baik dan mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Dampak ekonomi dan sosial berupa peningkatan pendapatan dan keterampilan peternak terkait manajemen pemasaran meningkat dari 45% ke 95%. Mitra berkontribusi dalam hal pelaksanaan terkait penyediaan tempat pelatihan, tempat demplot dan pendampingan serta koordinasi dengan masyarakat. Faktor yang menghambat kegiatan antara lain akses komunikasi internet dengan peternak, tingkat pendidikan peternak yang tidak merata sehingga perlu komunikasi yang lebih intensif, usia dan pengalaman beternak juga masih bervariasi. Faktor yang mendukung yaitu akses transportasi dan jalan raya masih baik dan mudah terjangkau, inovasi teknologi sejalan dengan kebutuhan masyarakat, banyaknya limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pakan, dukungan pemerintah daerah sangat baik. Solusi dan tindak lanjut antara lain melakukan pendampingan dan monitoring setelah kegiatan sesering mungkin. Kesimpulan kegiatan ini yaitu hasil penerapan manajemen pemasaran kambing dan domba pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Ponorogo telah berjalan dengan baik dan respon peternak juga sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KOPEMAS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) adalah prosiding untuk memuat artikel ilmiah yang telah diseminarkan. KOPEMAS merupakan seminar nasional tahunan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam ...