Kemampuan eksplorasi bakat peserta didik merupakan faktor kunci dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi individu, sehingga penting untuk memberikan layanan bimbingan yang efektif guna membantu mereka mengeksplorasi dan mengoptimalkan bakat yang dimiliki. Kemampuan eksplorasi bakat peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik mind mapping yang memberikan alat visual dan konseptual untuk menggali potensi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan klasikal yang menggunakan Teknik Mind Mapping dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuan siswa kelas XI Kimia Analisis 3 di SMK Negeri 3 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan dan kuesioner kepuasan siswa terhdap layanan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerima layanan bimbingan klasikal menggunakan Teknik Mind Mapping mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan dan pemahaman mengenai bakat dan kemampuan dirinya. Selain itu, siswa juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap layanan bimbingan klasikal yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal menggunakan Teknik Mind Mapping efektif dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuan siswa kelas XI Kimia Analisis 3 di SMK Negeri 3 Madiun. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan Teknik Mind Mapping dalam proses bimbingan klasikal untuk meningkatkan pembelajaran dan pengembangan bakat siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023