Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2013): Periode Bulan April

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGANPENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYADITINJAU DARI KEMAMPUANPENALARAN, BERPIKIR KRITIS, DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKPADA SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Jalal, Ariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dan 2) Menyelidiki pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara pendekatan pemecahan masalah model Polya dibandingkan dengan pembelajaran konvensionl ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik pada siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri atas dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Ternate. Sampel ditentukan secara acak dengan mengundi 2 kelas dari 7 kelas X pada  SMA Negeri 5 Kota Ternate. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XF sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan pemecahan masalah model Polya dan  siswa kelas XB yang menerapkan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari ketiga variabel digunakan uji one samples t-test. Selanjutnya dilakukan uji Manova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua kelompok, dan dilanjutkan dengan uji lanjut yaitu uji t sampel independen untuk menyelidiki apakah pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari ketiga variabel tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan pemecahan masalah model Polya efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate pada materi Trigonometri.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...