Kualitas pelayanan kesehatan yang baik menjadi hal yang sangat penting dalam organisasi pelayanankesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan pelayanan kesehatan mendorongsetiap organisasi pelayanan kesehatan untuk sadar mutu dalam memberikan pelayanan kepada penggunajasa organisasi pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor YangMempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan Diruang Bersalin RSIA Siti Hawa KotaPadang Tahun 2022. Jenis penelitian analitik dengan desain crossectional. Populasi adalah seluruh Ibubersalin yang ada di Ruang Rawatan RSIA Siti Hawa Kota Padang yang berjumlah 1328 orang. sebanyak86 orang ibu bersalin dijadikan sampel yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Penelitiandilakukan pada bulan Oktober sampai Januari 2023. Analisa data secara univariat dan bivariat menggunkanuji Chi-square. Hasil penelitian diperoleh di RSIA Siti Hawa Kota Padang: 15,3 % responden merasakankepuasan yang kurang baik, 16,3% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang wujud fisik, 10,5%responden dengan persepsi yang kurang baik tentang kehandalan, 24,4% responden dengan persepsi yangkurang baik tentang daya tanggap, 18,6% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang emphaty.Hasil uji statistik menunjukan wujud fisik ( p value = 0,000), kehandalan ( p value = 0,159), daya tanggap( p value = 0,000), empaty ( p value = 0,000). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel wujud fisik,daya tanggap dan empaty berhubungan dengan kepuasan pasien di RSIA Siti Hawa Kota Padang ( p value< 0,05).Kata kunci : Kepuasan pasien, wujud fisik, daya tanggap, kehandalan, empati
Copyrights © 2023