Journal Of Education
Vol 1 No 2 (2024): Artikel Pendidikan Bag.2

RANCANGAN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN TIGA TEORI KOGNITIF (PIAGET, BRUNER, DAN VYGOTSKY)

Yusup, Ade (Unknown)
Herdiana, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek, salah satunya adalah aspek kognitif. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Kemampuan kognitif ini sangat penting dalam pembelajaran karena berperan penting dalam proses perolehan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan Pendekatan pembelajaran kognitif menekankan pada proses mental yang aktif dalam rangka mencapai, mengingat, dan menggunakan pengetahuan. Pendekatan ini berlandaskan pada tiga teori utama, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget, teori belajar penemuan Bruner, dan teori perkembangan sosial kognitif Vygotsky. Rancangan pembelajaran berlandaskan teori kognitif dapat dirancang dengan menggabungkan ketiga teori tersebut. Langkah-langkahnya dapat digambarkan sebagai berikut:Pemahaman karakteristik perkembangan kognitif peserta didiK, aktivitas pembelajaran yang merangsang berpikir aktif, pemberian kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri, pemberian dukungan dan bimbingan dari guru. Rancangan pembelajaran berlandaskan teori kognitif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara mendorong peserta didik untuk berpikir aktif dan menemukan sendiri pengetahuannya.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin ...