Jurnal kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik.
Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Strategi Promosi Café Rasa Koffie Melalui Teknik Sales Promotion, Personal Selling dan Direct and Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Antonia Maurra Habirowo adminojs (Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Dalam era globalisasi yang penuh persaingan di sektor pariwisata, termasuk bisnis kafe, terjadi evolusi dari sekedar menyajikan kopi, menjadi tempat bersantai. Dalam persaingan bisnis, terutama di bidang kuliner seperti kafe, strategi pemasaran yang tepat menjadi penting. Rasa Koffie, kafe yang muncul selama pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berhasil mempertahankan rata-rata penjualan harian 18%, menunjukkan kebutuhan akan strategi promosi kuat di tengah pembatasan. Penelitian ini meneliti strategi promosi yang digunakan oleh Rasa Koffie dalam bertahan, menggunakan metode kualitatif dengan data primer dari studi pustaka dan wawancara kepada pemilik dan pegawai Rasa Koffie. Analisis menunjukkan bahwa Rasa Koffie berhasil mengimplementasikan strategi periklanan yang efektif dengan menggabungkan pendekatan online dan offline serta media yang tepat. Ini mencapai tujuan periklanan dan dampak positif pada konsumen, serta menciptakan pengalaman emosional yang menguatkan hubungan antara kafe, karyawan, dan pelanggan. Melalui promosi seperti diskon, pendekatan personal, tawaran menu spesial, serta adaptasi cerdas terhadap tren digital dan kemitraan dengan influencer melalui media sosial, Rasa Koffie berhasil membangun citra merek yang positif dan menarik bagi konsumen.Kata Kunci : Cafe; Direct dan Digital Marketing; Personal Selling; Sales Promotion; Strategi Promosi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

smc

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Lemondial Business School adalah jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesailis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ini mengedepankan hasil penelitian, analisa dan pemikiran ...