Jurnal kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik.
Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Implementasi Standar Operasional Prosedur untuk Meningkatkan Pelayanan di Sana Sini Restoran Hotel Pullman Jakarta Indonesia Thamrin

Michelle Adisty Sutjiadi (Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Di dalam dunia pariwisata, hotel merupakan sarana akomodasi penting yang diperlukan oleh wisatawan untuk mencari tempat menginap selama berpergian. Hotel adalah jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk dikelola secara komersial. Restoran merupakan fasilitas di dalam hotel yang menyediakan makanan dan minuman bagi tamunya. Semakin banyak jumlah tamu yang menginap, maka hotel memerlukan semakin banyak fasilitas penunjang untuk kepuasan tamu. Restoran yang ada di hotel ada berbagai macam, seperti lounge, coffee shop, dining restaurant, dll. Untuk menjaga kualitas pelayanan, terdapat standar yang harus dijalankan setiap harinya. Standar operasional prosedur ini salah satunya mengatur sequence of service karyawan. Untuk memastikan standar operasional dijalankan, maka diperlukan instrumen penilaian berupa assessment yang dilakukan oleh auditor yang sifatnya anonim. Implementasi standar operasional prosedur bertujuan agar kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Pelayanan yang diberikan oleh karyawan berkaitan erat dengan kepuasan tamu. Di dalam penelitian deskriptif ini disimpulkan bahwa dari segi operasional, karyawan di Sana Sini Restoran sudah menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar yang berlaku.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sequence of Service, Standar Operational Prosedur

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

smc

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Lemondial Business School adalah jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesailis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ini mengedepankan hasil penelitian, analisa dan pemikiran ...