Beberapa tahun terkahir ini anak usia dini dituntut untuk menguasai kemampuan berhitung sebelum masuk SD/MI. Sementara menurut psikologi mateÂmatika, keterampilan berÂhitung diijinkan untuk dipelajarkan ke anak asalkan konsep dasar penÂdukungÂnya sudah dikuasai. Adapun konÂsep dasar penÂdukung dari keterampilan berhitung adalah keÂmampuan mengÂurutkan, membandingkan, mengÂumpulÂkan, konsep himÂpunÂan, korespondensi satu-satu, dan bilangÂan kardinal. Sebagaimana yang disampaikan oleh Piaget bahwa anak usia dini masuk pada tahapan sensorimotor dan praoperasi dimana pada tahapan ini anak belum mampu mengÂgunakan aturan yang jelas atau logis, maka pembelajaran konsep berhitung dan penÂdukungnya tidak dapat diÂsampaiÂkan secara formal. Oleh karena itu penggunaan media mutlak diÂperlukan. Salah satu media yang dapat menjadi alternatif adalah media berbasis teknologi. Media ini memÂpunyai banyak kelebihan, antara lain kemudahÂan akses, tahan lama, mudah menyimpanÂnya, serta dapat didesain secara fleksiÂbel sesuai kebutuhan anak.Teknologi informasi juga sangat tepat untuk anak usia dini karena dapat orangtua/ pendidik dapat memasukkan unsur warna, musik, atau kariÂkatur yang sesuai dengan kesukaan anak. Adapun untuk menunjang keterampilan berhitung, anak dapat dikenalkan dengan kalkulator, Microsoft PowerPoint, internet, atau mobile teknologi seperti handphone dan tablet.
Copyrights © 2012