Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 1 No. 2 (2024): (Agustus) 2024

Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan minat belajar terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran ips

Rahayu, Giat Nitia (Unknown)
Indawati, Ninik (Unknown)
Sari, Yuli Ifana (Unknown)
Kusufa, Roni Alim Ba’diya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Pendahuluan: Sistem pembelajaran problem based learning mengharapkan siswa untuk mempelajari materi akademis dan keterampilan yang mengacu pada persoalan di kehidupan nyata. Program ini bertujuan mengaktifkan cara berpikir mengenai penyelesian masalah, sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sistem pembelajaran terhadap pengaruh minat belajar dan hasil dari proses pembelajaran. Metode: Proses penelitian pun dirancang menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment dengan subjek siswa kelas IV A dengan eksperimen berbasis problem based learning dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang melakukan pembelajaran berbasis ceramah. Penelitian disertai penggunaan angket dan tes esai. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis menggunakan Two Way Anova yang diselesaikan dengan program SPSS 24 for Windows. Temuan: Berdasarkan analisis data, tidak ditemukan pengaruh signifikan dari interaksi penggunaan sistem problem based learning dan minat belajar terhadap hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial. Selanjutnya, ditemukan adanya pengaruh signifikan dalam penggunaan sistem pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, penngaruh signifikan ditemukan antara minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial. Kesimpulan: Melalui paparan temuan, diketahui jika minat belajar siswa dalam memperoleh pengetahuan dan wawasan berpengaruh terhadap hasil belajar yang baik. Dalam pembelajaran di setiap sekolah guru berhak untuk melihat kondisi siswa, khususnya memperhatikan minat belajar di mata pelajaran yang diajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aims: PIPS Journal is a peer-reviewed and open-access journal dedicated to publishing high-quality scholarly works within the field of social sciences. The journal aims to foster interdisciplinary dialogue and to contribute to the advancement of knowledge in understanding human-environment ...