Kebutuhan primer manusia seperti sandang, pangan, dan papan menyebabkan hadirnya berbagai peluang usaha seperti bidang usaha kuliner, fashion, dan perumahan, yang menjadi salah satu bidang usaha yang paling diminati oleh para pelaku usaha. Fashion adalah bidang usaha yang paling banyak di daerah Magelang dan sekitarnya. Toko Kedjora Grosir adalah mitra dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM tersebut adalah terbatasnya pemasaran digital, tata kelola karyawan yang masih berantakan, penyajian produk pakaian yang belum maksimal, dan desain pakaian yang masih terbatas mengikuti arus tren. Metode pelaksanaan PKM kali ini adalah teknik pendampingan dan pembinaan terhadap permasalahan yang tengah di hadapi mitra. Luaran yang dihasilkan yaitu optimasi pemasaran digital yang telah dipahami oleh mitra termasuk penggunaan konten marketing. Tata kelola karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, display produk pakaian lebih menarik dan estetik, serta dapat menciptakan tren fashion sendiri dibandingkan hanya dengan mengikuti arus tren. Hasilnya, pengembangan usaha bisnis retail modern pada Toko Kedjora Grosir mampu meningkatkan kemampuan pelaku usaha pakaian dalam optimasi digital marketing & konten marketing, tata kelola jobdesk karyawan & display produk pakaian, serta penciptaan trend desain fashion itu sendiri.Kata Kunci: pengembangan, retail modern, bisnis fashion
Copyrights © 2022