Jurnal Bakti Humaniora
Vol. 3 No. 1 (2023): JUNI 2023

PERLUASAN PEMASARAN UMKM MELALUI DESIGN THINKING, RE-BRANDING, DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE DI KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN

Astuti, Yashinta Putri Dwi (Unknown)
Prasadhya, Ignatius Bias Galih (Unknown)
Mulya, Deva Nita (Unknown)
Tama, Aldian Umbu Amu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Peran digital marketing terhadap UMKM terlihat dari semakin banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menggunakan marketplace untuk menjual produk. Berdasarkan survei dari AJII, sekitar 26,58% UMKM di Indonesia memiliki akun di marketplace. Lebih dari sepertiga dari pelaku UMKM tersebut, yaitu sekitar 39,3%, menggunakan Shopee sebagai platform untuk menjual produknya. Persentase ini lebih tinggi daripada penggunaan Tokopedia yang hanya digunakan oleh 24,38% pelaku UMKM (Katadata, 2022). Adapun permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra yaitu kurang pahamnya SDM terhadap teknologi, yang artinya ada keterbatasan kemampuan SDM. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM memperluas pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing (marketplace). Karena dengan memanfaatkan digital marketing, diharapkan pengrajin kerajinan gerabah di Kabupaten Klaten dapat meningkatkan penghasilannya dan memperluas jangkauan pasar. Metode yang digunakan untuk memperoleh informasi hingga terwujudnya perluasan pasar yaitu dengan menggunakan metode design thinking, sosialisasi dan rebranding. Penerapan design thinking pada kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan beberapa tahap, yaitu emphatize (memahami permasalahan dan apa  yang menjadi kebutuhan UMKM), define (mengumpulkan informasi dari pelaku UMKM dan merumuskan permasalahannya), ideate (membuat ide untuk menyelesaikan permasalahan), prototype (melakukan perancangan), dan test (tahapan menguji coba prototype). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan design thinking, strategi rebranding produk pot gerabah dan penjualan produk di marketplace telah berjalan melalui sosialisasi dan pendampingan kepada SDM. Kata Kunci: pemasaran umkm,design thinking, rebranding, pemanfaatan marketplace

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Bakti Humaniora is a journal of Community Services by the Faculty of Economics, Law and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Bakti Humaniora is published two times annually in June and December. We welcome mainly community services articles concerned with social, law, language, literature, and ...