Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan, manusia dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga akan mampu bersaing di era globalisasi. Kemampuan yang diperlukan dalam bersaing di era global sudah diberikan mulai dari jenjang pendidikan yang paling dasar yaitu Sekolah dasar (SD). Masalah pembelajaran Pkn di SD yaitu kurikulum yang terlalu berat; konten kurikulum untuk tingkat SD terlalu tinggi dibandingkan kemampuan anak usia SD; kurangnya kemampuan dalam menangkap kata kunci dalam SK dan KD; guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah sebagai metode pembelajaran Pkn; memusatkan konsentrasi; sulit memahami materi.; dan kurangnya motivasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 01 Mojorejo Kabupaten Magetan. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV, dengan sampel 11 siswa. Data yang dikumpulkan adalah skor pre-test dan skor post-test hasil belajar siswa baik kelas ekperimen maupun kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapat suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning telah efektif digunakan di SD Negeri 01 Mojorejo.
Copyrights © 2023