Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pelajaran yang sangat diperlukan untuk anak usia sekolah dasar. Kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini dibuktikan pada nilai Ujian Akhir Semester sebagian siswa yang masih belum mencapai Standar Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sekolah pada pembelajaran tematik muatan IPA melalui model pembelajaran berbasis problem based learning. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode literatur dengan menganalisis beberapa jurnal terdahulu yang berkaitan dengan judul yang diambil. Data yang digunakan pada artikel ini yaitu hasil belajar dari penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning yang dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Safrida & Kistian (2020), Walfajri & Harjono (2019), Rahmasari (2016), Maqbullah (2018) dan Novi (2021). Hasil belajar siswa dari beberapa penelitian menunjukkan peningkatan yang spesifik dengan hasil tertinggi dicapai oleh penelitian Rahmasari (2016) dengan presentase sebesar 95,83%.
Copyrights © 2023