Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan hasil belajar pada materi pecahan di kelas 2. Jenis penelitain yang digunakan ada;ah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang daiwali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Kartoharjo 1 sebanyak 19 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasilbelajar yang menggunakan nilai post tets dan kemampuan berhitung yang menggunakan lembar observasi. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa sebesar 63% kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 90%. Siswa yang belum tuntas pada siklus 1 adalah sebesar 37% dan pada siklus 2 menurun menjadi 10%. Kemampuan berhitung pada siklus 1 pada komponen konsep pecahan dengan indeks sebesar 3,15 pada siklus 2 menjadi 4,1.komponen simbol pecahan pada siklus 1 dari 2,89 menjadi 3,57 pada siklus 2. Komponen operasi pecahan dari 2,73 pada siklus 1 menjadi 3,05 di siklus 2. Berdasarkan datahasil belajar dan kemampuan berhitung pada siklius 1 dan 2 mengalami peningkatan.
Copyrights © 2023