Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan matematika materi pengumpulan data melalui penerpan model kooperatif tipe STAD. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Punggelan, kelas V. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data pengetahuan diperoleh dari tes evaluasi. Data peningkatan sikap gotong royong dan keterampilan menyelesaikan persoalan matematika diperoleh dari pengamatan langsung dalam kelas. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pengetahuan peserta didik dengan presentase ketuntasan 85,72%. Peningkatan pada sikap gotong royong dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata observasi ranah sikap yang diperoleh mencapai 3,21 dengan kriteria baik, dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 3 dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan menyelesaikan persoalan matematika, dibuktikan dengan peningkatan skor pada observasi keterampilan yang diperoleh mencapai 3,27 dengan kriteria sangat baik dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu skor 3 dengan kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengumpulan data.
Copyrights © 2024