Media pembelajaran adalah sebuah sarana yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengkomunikasikan materi pembelajaran kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi yang di dalamnya terdapat game pembelajaran dan berbasis teknologi digital, sehingga siswa mengalami kebingungan untuk memahami materi pembelajaran, salah satunya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana persespsi siswa kelas IV terhadap pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelaajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini tergolong penelitian survei. Dalam penelitian ini, peneliti melaksanakan survei kepada siswa kelas IV SDN Sobrah di Kabupaten Madiun dengan sampel sebanyak 16 siswa dengan rincian siswa laki-laki ada 4 dan siswa perempuan ada 12. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner yang di dalamnya terdapat 11 aspek pertanyaan terkait pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum, siswa condong memberikan tanggapan “sangat setuju” dan “setuju”. Persepsi siswa terhadap pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu siswa setuju terhadap pengembangan media pembelajaran tersebut dan media pembelajaran tersebut bisa dipakai ketika proses pembelajaran.
Copyrights © 2024