Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat berpengaruh terhadap keterampilan berpikir krirtis siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IV A dan B SD Negeri 01 Nambangan Kidul Kota Madiun. Desain penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design, didalam penelitian ini penulis menggunakan tes untuk mengumpulkan data, yaitu tes pre-test dan post-test. Tes ini terdiri dari 5 soal subjektif atau esai yang berkaitan dengan mata pelajaran IPAS, dengan fokus pada “materi aku dan kebutuhanku.” Dari hasil analisis data anlisis yang menggunakan hasil uji-t dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 22, diketahui uji-t dengan taraf signifikasi 0,05, yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,391 > t tabel 1,706. Oleh karena itu, dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis CRT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul, Kota Madiun.
Copyrights © 2024