Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal terhadap perilaku compulsive buying pada McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah ARMY atau penggemar BTS yang membeli produk menu BTS Meal di gerai McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebanyak 84 responden. Seluruh item pertanyaan dalam kuesioner ini bersifat valid dan reliabel. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y= 24,203 + 0,306 X1 - 0,357 X2. Berdasarkan uji t parsial, variabel co branding berpengaruh terhadap compulsive buying karena t hitung lebih dari t tabel, yaitu 2,230 lebih dari 1,164 dengan signifikansi 0,028, variabel viral marketing tidak berpengaruh terhadap compulsive buying karena t hitung kurang dari t tabel, yaitu -0,520 kurang dari 1,164 dengan signifikansi 0,604. Hasil uji f simultan menunjukkan bahwa variabel co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal secara bersama-sama berpengaruh terhadap compulsive buying di McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebesar 5,122 dengan signifikansi 0,008. Variabel co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal mampu menjelaskan compulsive buying di McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebesar 11,2%, sedangkan sisanya sebesar 88,8% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Copyrights © 2022