Penetrasi ponsel sudah hampir melebihi jumlah manusia di dunia. Indonesia misalnya, Indonesia tercatat menempati posisi keempat di Asia sebagai pengguna ponsel terbanyak(www.datacon.co.id).Salah satu merek ponsel yaitu Samsung, Samsung termasuk dari 5 merek ponsel yang populer di Indonesia(topbrand-award.com). Untuk memenangkan persaingan, Samsung berusaha mendapatkan loyalitas konsumen terhadap merek melalui pengalaman, kepuasan dan kepercayaan terhadap merek.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Pengalaman Merek (X) terhadap Loyalitas Merek (Y3) melalui Kepuasan Merek (Y1) dan Kepercayaan Merek (Y2). Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2012/2013 Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan ponsel Samsung.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengalaman Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Merek (Y1) tetapi tidak signifikan mempengaruhi Kepercayaan Merek (Y2). Pengalaman Merek (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Merek (Y3). Kepuasan Merek (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Merek (Y2) dan terhadap Loyalitas Merek (Y3).Kemudian Kepercayaan Merek (Y2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek (Y3). Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kepuasan dan kepercayaan sangat penting untuk mewujudkan sebuah loyalitas terhadap merek.
Copyrights © 2016