JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA

Dewi Nawang Wulan, Asri (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam (sains) yang mempelajari materi yang meliputi sifat, struktur, serta perubahan energi yang menyertai proses tersebut. Ilmu kimia akan mudah dipahami apabila mampu dipresentasikan ke dalam level representasi yaitu makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Hidrolisis garam merupakan salah satu materi yang sulit dipahami. Pemahaman siswa terhadap materi kimia dapat dibantu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan media pembelajaran Powerpoint-iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Powerpoint-iSpring pada materi hidrolisis garam serta menentukan tingkat validitas dari media yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan menggunakan model penelitian plomp. Subjek pada penelitian yaitu dosen kimia fmipa unp dan guru kimia serta siswa kelas XI SMA Negeri 13 Padang tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar validitas dan lembar wawancara. Hasil pengolahan data percobaan uji validitas menggunakan formula aiken’s v menunjukkan bahwa media pembelajaran Powerpoint-iSpring pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan telah valid untuk masing masing itemya pada komponen konten dengan nilai 0.86, konstruk 0.83 dan media 0.83.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...