Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 8 NOMOR 2 DESEMBER 2021

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Majene Menggunakan Strategi Joyful Learning

Maisyarah, St. Naila (Unknown)
Amin, Nursafitri (Unknown)
Tadjuddin, Nur Fahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Majene terutama pada mata pembelajaran matematika merupakan suatu masalah yang perlu dituntaskan. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penggunaan strategi Joyful Learning pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Majene tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini berdasar pada rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Majene, Sulawesi Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Khemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Majene yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi, mendokumentasi, serta pemberian tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara dekskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar matematika sebesar 59,267% dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika 68,01. Adapun persentase aktivitas belajar sebesar 79,93% dengan kategori baik. Kemudian pada siklus II, persentase ketuntasan belajar sebesar 85,19% dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika sebesar 78,59. Adapun persentase aktivitas belajar sebesar 85,42% dengan kategori baik. Dengan ini dapat dinyatakan indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...