Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran penting dalam membentuk karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik. Namun, rendahnya hasil belajar dan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Tujuan: untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas IX SMP Negeri 36 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dan pembahasan: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 68,5 menjadi 75,8, dengan ketuntasan klasikal 71,9%. Pada siklus II, rata-rata nilai peserta didik mencapai 82,3 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Selain itu, model TGT juga meningkatkan partisipasi aktif, kerjasama, peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2024