JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Karakteristik Ordo Collembola di Kawasan Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry sebagai Referensi Mata Kuliah Zoologi Invertebrata

Maida, A. (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Ahadi, R. (Unknown)
Agustina, E. (Unknown)
Hanim, N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Collembola merupakan arthopoda primitif, collembola dikenal dengan istilah ekor-pegas karena di bagian ekor terdapat struktur tambahan yakni furcula yang berfungsi sebagai alat pelompat. Namun mahasiwa pendidikan biologi sering kali belum mengetahui tentang Collembola karena tidak ada pembelajaran yang spesifik mengenai kelompok ini serta kurangnya referensi dalam identifikasi. Untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif dapat menggunakan buku identifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik Collembola yang ditemukan di Kawasan Laboratorium Pendidikan Biologi dan kalayakan buku identifikasi sebagai referensi tambahan mata kuliah Zoologi Invertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perangkap jebakan (Pitfall Trap) dan menggunakan purposive sampling yang dikombinasi dengan metode kuadran. Teknik analisis data meliputi analisis karakteristik spesies Collembola dan uji kelakayan buku identifikasi. Spesies yang ditemukan meliputi: Pseudosinella sp. sebanyak 5 individu, Entomobrya sp. sebanyak 35 individu, Ascocyrtus sp. sebanyak 1 individu, Sinella sp. sebanyak 8 individu, Subisotoma sp. sebanyak 17 individu, Isotomurus palustris sebanyak 1 individu, Proisotoma sp. sebanyak 18 individu, Smintthurinus sp. sebanyak 6 orang, dan Hypogastrura consanguinae sebanyak 10 orang. Hasil uji kelayakan buku identifikasi menunjukkan skor 83,77, masuk dalam kategori sangat layak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...