ABSTRAKSaat pemberian materi olaharaga dikelas peserta didik terkadang cenderung lebih pasif. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui apakah pembuatan media pembelajaran berupa power point interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat berada dikelas. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen Randomized Control Group Postest Only Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket motivasi dengan analisis data deskriptif Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-T. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo dengan populasi seluruh kelas X. Sampel yang terpilih yaitu kelas X DKV 1 dan X BD 2. Hasil dari nilai postest terhadap dua kelas tersebut menunjukkan adanya selisih nilai motivasi. Nilai rata-rata kelas eksperimen menunjukkan angka lebih besar dari pada kelas kontrol, hal ini diperkuat juga dari nilai Uji-T sig.(2-tailed) 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point interaktif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik yang dapat dilihati dari rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih besar dan nilai sig.(2-tailed) < (0,05).
Copyrights © 2024