AGHNINA: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah
Vol. 1 No. 1 (2024): Published

ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP BISNIS AFFILIATE MARKETING PADA MARKETPLACE TIKTOKSHOP

Hasyim Asy’ari, Hasyim Asy’ari (Unknown)
Faizul Abrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Dunia bisnis semakin berkembang yang awalnya hanya di dunia nyata akan tetapi berkembang ke dunia maya. Artinya pelaku bisnis mulai mengikuti perkembangan zaman yang sudah barang tentu sangat modern. Sehingga perlu kiranya ada bantuan pencerahan dibidang muamalah untuk meberikan pandangan hukum terkait dengan apapun aktivitas yang dilakukan oleh pelaku bisnis. Oleh karena itu, peneliti ingin ikut sumbangsih pemberian hukum tentang bisnis affiliate marketing pada marketplace tiktokshopdengan tujuan supaya pelaku bisnis tidak bimbang dalam melakukan usahanya yang digeluti. Penelitian ini menggunakan jenis literatur review dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan memakai studi dokumentasi literatur kontemporer dengan memadukan buku-buku klasik sebagai telaah analisis. Sehingga menghasilakan bisnis affiliate ini diperbolehkan dalam hukum ekonomi syariah karena diqiyaskan dengan akad jualah.Sedangkan praktiknya harus menyesuaikan atau ikut aturan fitur marketplace tiktokshop. Sehingga pengguna baru harus menyiapkan segala bentuk persyaratannya demi keberlangsungan penggunaan aplikasi tiktopshop.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HES

Publisher

Subject

Religion Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

AGHNINA: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah is a journal that publishes current original research on the study of economics, business, business ethics, finance, contracts, economic thought, and contracts in economics using a Sharia economic law ...