Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024

PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 TAKALAR

Anita Amiruddin (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Azis (Universitas Negeri Makassar)
Nur Afiah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Takalar. Variabel penalitian ini adalah: (1) Hasil Belajar sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan tiga indikator yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik, dan (2) Literasi Digital sebagai variabel bebas (X) diukur dengan empat indikator yaitu Intensitas penerapan dan pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran, jumlah dan variasi bahan bacaan dan alat peraga berbasis digital, frekuensi peminjaman buku bertema digital, serta jumlah penyajian informasi sekolah menggunakan media digital atau situs laman. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Takalar yang berjumlah 70 siswa dalam dua kelas, sedangkan sampel adalah 37 siswa kelas XI IPS 1 dan 33 siswa XI IPS 2 yang diambil dengan teknik Sampling Total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase, uji instrument, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 82,615 + 0,157 yang berarti tiap penambahan satu nilai literasi digital, maka hasil belajar mengalami peningkatan 0,157. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,012 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Hasil koefisien determinasi (r²) pada penelitian ini sebesar 0,090 atau 9%. Hal ini berarti literasi digital memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 9% sedangkan sisanya 91% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

andidjemma

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil ...