Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 56 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur variabel motivasi dan minat belajar, sedangkan uji prestasi belajar PKn digunakan untuk mengukur variabel prestasi belajar. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrument. Analisis persyaratan yang dilakukan antara lain uji normalitas, linearitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji-F menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar PKn, sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan. Hal ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar PKn mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024