Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 3 Nomor 2, September 2022

Uang Koin dan Kertas Mainan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Sekolah Dasar

Desi Setiyadi (Institut Daarul Qur'
an Jakarta)

Bella Alifia Aviari (Institut Daarul Qur'
an Jakarta)

Eka Berliana (Institut Daarul Qur'
an Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa penerapan media pembelajaran matematika kontekstual untuk anak sekolah dasar pada masa pandemi. Analisa penerapan media pembelajaran konstektual pada permasalahan yang ada, terutama pada pembelajaran matematika sangat penting, karena untuk membangun pola berpikir yang kontekstual, dan kreatif dalam pemecahan masalah.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi, pengambilan sampel menggunakan “purposive sample atau sampel bertujuan”, dilakukan dengan cara mengambil subjek didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Pemilihan sampel berdasarkan kriteria karakteristik, yaitu dilihat dari sampel kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan uang koin dan uang kertas mainan dapat digunakan menjadi salah satu untuk media pembelajaran kelas rendah pada materi penjumlahan dengan menggunakan cara bermain peran seperti pasar-pasaran. Berdasarkan hasil observasi untuk hasil prestasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan rata-rata 89 dari KKM sebesar 70. Hal ini dapat disimpulkan permainan uang koin dan kertas mainan dapat dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...