JURNAL PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA
Vol. 1 No. 2 (2022): KOLASE

KOLASE: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model Project Based Learning

Siti Janatul Khusna (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia)
Rahmawati Mulyaningtyas (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Integrasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di dalam bahan ajar berupa modul menulis teks LHO sangat penting bagi siswa untuk belajar secara kontekstual, baik individu maupun kelompok. Jadi, perlu adanya inovasi baru dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul menulis teks LHO berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang menarik, relevan, kontekstual, dan mudah dipahami. Selain itu, penelitian ini memaparkan tingkat kelayakan modul menulis teks laporan hasil observasi berbasis Project Based Learning. Model pengembangan ini diadaptasi dan modifikasi oleh Borg dan Gall. Pada tahap pertama uji validasi memperoleh 87,7%. Sedangkan pada tahap kedua hasil uji validasi memperoleh 94,76%. Uji validasi pada kedua tahap tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak diimplementasikan. Meskipun demikian, terdapat saran validator untuk memperbaiki unsur dalam bahan ajar agar semakin layak digunakan. Adapun hasil uji coba terbatas menunjukkan keberterimaan bahan ajar memperoleh 85,6% dengan disertai saran penyempurnaan. Dengan demikian, bahan ajar menulis teks LHO berbasis model Project Based Learning (PjBL) termasuk ke dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan penyempurnaan terhadap bagian bahan ajar tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kolase

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah dari dosen, peneliti, mahasiswa, serta praktiksi berskala nasional dan internasional untuk mempresentasikan ide-ide, konsep, dan teori baru dalam pendidikan, bahasa, sastra, dan budaya Indonesia seperti: 1. Hasil penelitian pendidikan ...