EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Penerimaan Diri Orang Tua dengan Anak Disleksia : Konsep Diri dan Dukungan Keluarga

Puput, Oktafiani Farida (Unknown)
Raharjo, Trubus (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Setiap orang tua menginginkan anak berkembang secara normal, tidak terkecuali anak disleksia, banyak otrang tua yang  sulit menerima anak disleksia, dikarenakan rendahnya konsep diri dan dukungan keluarga, hal ini menyebabkan orang tua merasa sedih, malu, menyalahkan diri sendiri dan tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, sehingga proses penerimaan diri orang tua terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan keluarga dengan penerimaan diri pada orangtua dengan anak dileksia. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak disleksia sebanyak 20 responden dari sekolah disleksia cendekia kudus, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Pengambilan data menggunakan skala penerimaan diri, konsep diri, dan dukungan keluarga. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua predictor, Hasil hipotesis mayor ada hubungan yang signifikan antara konsep diri, dukungan keluarga dengan penerimaan diri dengan sumbangan efektif 34,8%. Hasil hipotesis minor antara konsep diri dan penerimaan diri terdapat hubungan positif yang signifikan dengan sumbangan efektif 34,7%. Hipotesis minor dukungan keluarga dan penerimaan diri terdapat hubungan positif yang signifikan serta memiliki sumbangan efektif 16,5%.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan dukungan keluaga berpengaruh terhadap penerimaan diri orang tua dengan anak disleksia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...