Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks pembelajaran di kelas X Manajemen Perkantoran SMK Ketintang Surabaya adalah rendahnya tingkat motivasi dan hasil belajar siswa serta minimnya inovasi teknologi yang dimanfaatkan guru dalam kegiatan belajar. Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis educandy game terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK. Metode riset yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain quasi exsperimental design. Sampel riset terdiri dari 68 siswa kelas X MP 4 dan X MP 5. Data riset berasal dari hasil angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain score. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada motivasi dan hasil belajar siswa menyatakan bahwa H1 dan H2 diterima artinya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis educandy game berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil dari riset ini dapat digunakan oleh riset selanjutnya pada bidang penggunaan teknologi dalam pendidikan khususnya media interaktif seperti educandy game.
Copyrights © 2024