EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Educandy Game terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK

Putri, Louyse Ariska Imanda (Unknown)
Trisnawati, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks pembelajaran di kelas X Manajemen Perkantoran SMK Ketintang Surabaya adalah rendahnya tingkat motivasi dan hasil belajar siswa serta minimnya inovasi teknologi yang dimanfaatkan guru dalam kegiatan belajar. Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis educandy game terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK. Metode riset yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain quasi exsperimental design. Sampel riset terdiri dari 68 siswa kelas X MP 4 dan X MP 5. Data riset berasal dari hasil angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain score. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada motivasi dan hasil belajar siswa menyatakan bahwa H1 dan H2 diterima artinya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis educandy game berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil dari riset ini dapat digunakan oleh riset selanjutnya pada bidang penggunaan teknologi dalam pendidikan khususnya media interaktif seperti educandy game.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...