Merdeka Belajar sebagai salah satu solusi dalam membentuk kepribadian peserta didik, salah satu tujuan dari program tersebut adalah membentuk profil pelajar pancasila. Untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana ketercapaian indikator profil pelajar pancasila maka diperlukan instrumen evaluasi sebagai alat ukur. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Research, Development, Research (RDR) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tiga tahapan yakni (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan) dan (3) research (uji efektivitas produk). Dari penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa lembar kuesioner berjumlah 40. Uji validitas dan reliabilitas melibatkan dua ahli dan dua praktisi, uji validitas menggunakan Rumus Gregory dan uji reliabilitas menggunakan Rumus Percentage of Agreement. Dari hasil perhitungan uji validitas oleh ahli didapatkan nilai validitas sebesar 1,00 pada kedua aspek sedangkan, uji validitas oleh praktisi sebesar 1,00 pada aspek gotong royong dan 0,95 pada aspek bernalar kritis. Sedangkan untuk uji reliabilitas didapatkan nilai reliabilitas dari kedua ahli sebesar 100% pada kedua aspek, untuk nilai reliabilitas dari kedua praktisi sebesar 100% pada aspek gotong royong dan nilai reliabilitas sebesar 95% untuk aspek bernakar kritis. Dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi profil pelajar Pancasila pada aspek gotong royong dan bernalar kritis valid dan reliabel.
Copyrights © 2024