EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis di Kelas VIII

Arianto, Dian (Unknown)
Hasibuan, Ainul Marhamah (Unknown)
Sari, Dewi Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya variasi bahan ajar salah satunya yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Validitas LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII dan, (2) Untuk mendeskripsikan Kepraktisan LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII. Pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid dengan nilai persentase rata-rata adalah 91,56 % dengan kategori sangat valid.; (2) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria praktis dengan nilai persentase adalah 87,93% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan Lembar Kerja Siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat digunakan sebagai bahan ajar dikelas VIII khususnya pada materi bangun ruang sisi datar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...