Penelitian ini dilakukan karena kurangnya variasi bahan ajar salah satunya yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Validitas LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII dan, (2) Untuk mendeskripsikan Kepraktisan LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII. Pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid dengan nilai persentase rata-rata adalah 91,56 % dengan kategori sangat valid.; (2) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria praktis dengan nilai persentase adalah 87,93% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan Lembar Kerja Siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat digunakan sebagai bahan ajar dikelas VIII khususnya pada materi bangun ruang sisi datar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024