EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Peran Soft Skill dan Hard Skill dalam Kemampuan Numerasi Siswa (Systemactic Lyterature Review)

Dahlia, Dini (Unknown)
Oci, Novaliyosi (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)
Mutaqin, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Kemampuan numerasi siswa sangat dipengaruhi oleh kombinasi soft skill dan hard skill yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran soft skill dan hard skill dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan menganalisis 20 artikel terpilih yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan self efficacy, sebagai komponen utama dari soft skill, secara signifikan mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah numerik. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan logis yang termasuk dalam hard skill juga berkontribusi besar dalam meningkatkan numerasi siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara soft skill dan hard skill dalam kurikulum pembelajaran untuk strategi pembelajaran yang lebih holistik dan efektif. Temuan ini memberikan panduan bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang lebih komprehensif dan membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut tentang pengembangan keterampilan dalam konteks pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...