Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 61 siswa SMKN 1 Surabaya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 23. Untuk pengumpulan data menggunakan angket pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan intensi berwirausaha yang berjumlah 12 item pertanyaan. Uji prasayarat analisis menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, linearitas dan heterokedastisitas. Pengujian regresi linier berganda menjadi analisis data yang dipilih oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi berwirausaha siswa SMKN 1 Surabaya yang mampu dikontribusikan oleh pendidikan kewirausahan dan juga lingkungan keluarga sebesar 51,8%. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Pada penelitian ini variabel pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendidikan kewirausahaan yang baik dan juga dukungan positif dari lingkungan keluarga akan memberikan intensi yang tinggi untuk berwirausaha.
Copyrights © 2024