EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 3 (2024)

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Intensi Berwirausaha

Wesi Lestari (Universitas Negeri Surabaya)
Raya Sulistyowati (Universitas Negeri Surabaya)
Rahayu Setya Ningsih (Universitas Negeri Surabaya)
Dewi Sinta (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan  adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 61 siswa SMKN 1 Surabaya.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 23. Untuk pengumpulan data menggunakan angket pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan intensi berwirausaha yang berjumlah 12 item pertanyaan. Uji prasayarat analisis menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, linearitas dan heterokedastisitas. Pengujian regresi linier berganda  menjadi analisis data yang dipilih oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi berwirausaha siswa SMKN 1 Surabaya yang mampu dikontribusikan oleh pendidikan kewirausahan dan juga lingkungan keluarga sebesar 51,8%. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Pada penelitian ini variabel pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa. Dari penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendidikan kewirausahaan yang baik dan juga dukungan positif dari lingkungan keluarga akan memberikan intensi yang tinggi untuk  berwirausaha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...