Jurnal Responsive Teknik Informatika
Vol. 2 No. 02 (2018): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika

PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA UKM HAFIZAH CAKERY BATAM

Sofyawan, Doni (Unknown)
Fernandes, ‪Atman Lucky (Unknown)
Suhida, Suhida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

UKM Hafizah cakery Batam merupakan usaha kecil dan menengah yang menghasilkan berbagai macam kue seperti lepis lengit, double choco brownies, kue lapis Surabaya, dll. Penelitian ini mengkaji tentang kurangnya media online untuk memasarkan produk sehingga sulit dalam pemasaran dan pengelolaan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pemanfaatan media online dalam memasarkan produk dengan membuat sistem pendukung keputusan dengan cara memilih media online terbaik pada UKM Hafizah Cakery Batam dengan menerapkan Metode Simple Additive Weight (SAW) sehingga didapatkan V1 sebagai hasil akhir penilaian media online terbaik dengan nilai 100%. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung dari nilai-nilai bobot yang diperoleh dari media online seperti Shopee, Instagram, Facebook dan Tokopedia. Hasil analisa memunculkan lima kriteria yang dibahas seperti interaksi kiriman, jangkauan pelanggan, pengikut halaman, suka halaman dan tayangan halaman. Hasil penelitian tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk statistik perangkingan dan evaluasi dalam mengembangkan usahanya berdasarkan kriteria yang diberikan nilai bobot dari media online.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal aimed at providing a platform for researchers, academics, and professionals to publish their latest research and thoughts in the field of responsive informatics engineering. This journal was established with the goal of being one of ...