Panggung
Vol 25 No 2 (2015): Pendidikan, Metode, dan Aplikasi Seni

Model Pembelajaran Post-Method Pedagogy Mahasiswa Perguruan Tinggi Seni Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris

Yupi Sundari (nstitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Jalan BuahBatu No. 212 Bandung)
Irma Rachmaningsih (nstitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Jalan BuahBatu No. 212 Bandung)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2015

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  meningkatkan  motivasi   dan   pencapaian  studi  mahasiswa terhadap mata kuliah bahasa Inggris di STSI Bandung  yang selama  ini sering dipandang sebagai  pelajaran  yang  sulit  dan  kurang  menyenangkan.  Penelitian  dilakukan  di  STSI Bandung pada perkuliahan bahasa Inggris di Jurusan Karawitan dan Seni Rupa dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development Method. Penerapan  post-method  pedagogy memperhatikan  tiga  komponen  utama,  yaitu  lingkungan belajar, siswa dan pengajar. Keberhasilan pengajaran bahasa Inggris dipengaruhi komponen siswa, pengajar,  materi ajar dan  hubungan  antara siswa  dan  pengajar.  Dari  penelitian ini didapatkan model pembelajaran post-method pedagogy yang menempatkan pengajar sebagai penyusun materi ajar dan pengelola kelas yang mempertimbangkan karakteristik dan latar belakang pembelajar. Pada akhir kegiatan pembelajaran, pengajar melakukan evaluasi hasil belajar dan  merefleksikan  apa yang telah  dilakukan untuk merencanakan dan melakukan proses belajar mengajar selanjutnya.Kata kunci: Post-method pedagogy, Mata kuliah Bahasa Inggris, Model pembelajaran, Mahasiswa seni.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

panggung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Panggung is a peer-reviewed journal focuses art studies and their cultural contexts with various perspectives such as anthropology, sociology, education, religion, philosophy, technology, and others. Panggung invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies in ...