Selama ini kepuasan pelanggan di STMIK Muhammadiyah Jakarta dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa sehingga menimbulkan masalah data menjadi menumpuk dan terabaikan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan infrastuktur jaringan internet saat ini memungkinkan untuk membuat aplikasi kepuasan pelanggan. Aplikasi ini merupakan suatu sistem yang dirancang untuk dapat menghasilkan keluaran (output) berupa nilai kepuasan pelanggan terhadapi institusi. Selain dapat menekan biaya, aplikasi kepuasan pelanggan yang terintegrasi dengan internet akan memudahkan mahasiswa untuk melakukannya dimana saja dan kapan saja. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metodologi waterfall Pressman. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP pada web server dan java pada android, untuk wadah penyimpanan data atau disebut basisdata yang digunakan adalah MYSQL. Penelitian ini menggunakan metode Servqual (Service Quality), metode ini untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan kepuasan konsumen, dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reability, Responsive, Asssurance, Empathy, dan Tangible. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan yang dapat memberikan informasi kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan STMIK Muhammadiyah Jakarta sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan pelanggan.
Copyrights © 2023