cover
Contact Name
Nur Rachma
Contact Email
nurrachma@gmail.com
Phone
+6281318063075
Journal Mail Official
jurnalsibernetika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Klp. Dua Wetan No.17, RT.7/RW.4, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sibernetika
ISSN : 2355326X     EISSN : 27455831     DOI : https://doi.org/10.56459
Core Subject : Science,
Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), Microcontroller, Expert System (Sistem Pakar), Network System, Mobile Computing,Smart System, Software Development, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture, E-Commerce, Supply Chain Management, Knowledge Management System, Customer Relationship Management, dan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) dan topik kajian lain yang relevan.
Articles 38 Documents
APLIKASI SEJARAH DAN RESEP MASAKAN TRADISIONAL KHAS JAWA BARAT BERBASIS ANDROID Ibnu Maulana Putra; Faiz Rafdhi
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia kuliner di Indonesia berkembang pesat dengan munculnya masakan – masakan baru atau inovasi baru yang semakin kekinian. Pengaruh budaya dari luar sangat berpengaruh terhadap industri kuliner di Indonesia mulai dari rasa atau bahan – bahan yang digunakan. Hal ini membuat masyarakat tidak banyak mengetahui tentang masakan tradisional melainkan mereka banyak mengetahui masakan dari luar dan hal itu akan terus berlanjut hingga masakan tradisional benar – benar dilupakan oleh masyarakat. Dalam aplikasi ini berisikan resep dan sejarah masakan khas Bogor, untuk sumber informasi dalam aplikasi menggunakan buku yang ditulis oleh Balqis Batarfie. Metodologi yang digunakan dalam aplikasi menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle)dengan model proses Waterfall, terdiri dari tahapan : Requirement, Design, Implementation, Testing dan Maintenance. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan pemrograman Android Studio dan database dengan menggunakan Firebase. Hasil aplikasi sudah dibuat sudah sesuai dengan apa yang penulis harapkan. Dapat mempermudah akses informasi resep dan sejarah masakan khas Bogor tanpa harus menggunakan internet dalam mengaksesnya.
APLIKASI PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS DAN KELEMBAPAN TANAH BERBASIS IOT MENGGUNAKAN NODE MCU V3 Nur Rachma; Rais Mulki Salam
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyiraman terhadap tanam-tanaman pada umumnya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan berdasarkan asumsi bahwa tanaman membutuhkan tambahan air pada waktu-waktu tersebut. Jika proses penyiramannya tidak memperhatikan faktor: jenis tanaman, kelembapan tanah dan kadar air yang dibutuhkan maka akan mempengaruhi kesuburan dari tanaman itu sendiri. Solusi agar penyiraman yang dilakukan tepat waktu dengan memperhatikan kelembapan tanah dan kadar air yang dibutuhkan, penulis membuat aplikasi penyiram tanaman otomatis dan kelembapan tanah menggunakan Node Mcu V3. Aplikasi ini berbasis IoT yang mengotomatisasi proses penyiraman tanaman. Dalam perancangannya aplikasi ini menggunakan metodologi prototype yang terdiri dari tahapan listen to customer, build/revise mock up, dan customer test-drives. Tahapan-tahapan tersebut kemudian diuraikan lagi menjadi tujuh tahapan yaitu pengumpulan kebutuhan sistem, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Alat penyiram otomatis ini berfungsi baik pada jenis tanaman sawi yang masa tumbuhnya lebih cepat. Proses pengujian dilakukan selama 3 bulan dari hari pertama dengan hasil pengamatan yang dicatat.
SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB SMK HATAWANA KEBON NANAS JAKARTA TIMUR Muhammad Ali Nur; Fisa Wisnu Wijaya
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Faktor kecurangan dan contek-mencontek sesama siswa masih sering terjadi pada proses ujian tertulis. Dan guru sebagai pemberi hasil nilai akhir masih mengalami kesulitan dalam menilai lembar jawaban siswa satu persatu. Dari permasalahan tersebut, sehingga dilakukan penelitian untuk membuat sebuah aplikasi ujian Online berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi ujian online berbasis web sebagai pendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall versi Ian Sommerville (2011) yang dimulai dari requirement definition/analysis, system and software design, implementation and unit testing,integration and system testing dan operation and maintenance yang diliputi dengan perancangan design user interface seperti halaman ujian online, administrator, siswa, guru, pengaturan jadwal ujian, peserta ujian, mata pelajaran, kelas, soal, dan nilai. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem informasi ujian online berbasis web yang mampu memberikan hasil nilai ujian secara langsung kepada siswa setelah selesai ujian. Dan dari sistem tersebut telah tersedia terkait penginputan soal berdasarkan NIS yang genap dan ganjil maupun sistem random untuk membedakan soal dalam mengurangi kecurangan dengan saling contek-mencontek antar siswa.
OPTIMALISASI JARINGAN WIDE AREA NETWORK MENGGUNAKAN SOFTWARE DEFINED NETWORK VIPTELA Santoso; Bambang Judi Bagono
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Software Defined Networking (SDN) membuat konfigurasi jaringan Wide Area Network (WAN) menjadi lebih mudah dengan memisahkan antara control plane dan data plane. Control plane pada kontroler memiliki informasi perangkat dan dapat mengontrol perangkat-perangkat tersebut secara terpusat. Salah satu kontroler dalam SDN yang dikembangkan saat ini adalah VIPTELA.Viptela menyediakan interface yang sangat intutif dan mendukung Application Programming Interface (API). Dengan hal tersebut, system yang sebelumnya sangat terbatas, menjadi sebuah informasi yang dapat di gunakan sebagai dasar sebuah keputusan bisnis yang di korelasikan ke perangkat IT Infrastuktur. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Network Development Life Cycle (NDLC) yang mendefinisikan proses pembangunan atau pengembangan sistem jaringan komputer. Tahapan meliputi Analysis – Design – Simulation prototyping – Implementation – Monitoring – Management. Visualisasi yang dilakukan menghasilkan grafik perangkat Router, switch beserta portnya, dan parameter lain seperti packet sent, packet received, bytes sent, dan byte received, Packet Loss, dan Tunnel health. Hasil visualisasi statistik dari topologi tersebut sesuai dengan jumlah koneksi perangkat tiap topologi, semakin banyak koneksi perangkatnya maka semakin besar pula indikator statistik yang tercatat pada controller, dan ditampilkan pada web interface.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY) PADA PERPUSTAKAAN SMK TAMANSISWA BEKASI Camelia Atmaja; Mochammad Arief Sutisna
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan sumber informasi seperti buku dan sumber informasi lain. Seiring dengan perkembangan zaman sumber informasi yang tersedia semakin beragam. Hal ini yang menjadi bagian dari perlunya sistem informasi perpustakaan. Sistem perpustakaan disebut juga sebagai sistem informasi perpustakaan digital (Digital Library). Tujuan dari penelitian sistem informasi perpustakaan yang dirancang dan diimplementasikan SMK TamanSiswa Bekasi adalah untuk meningkat kan efisiensi kerja perpustakaan yang awal nya menggunakan sistem manual seperti pencatatan pinjaman buku dan kunjungan siswa siswi maka diubah menjadi sistem informasi berbasis web untuk membantu mempermudah pengolahan data dan anggota dalam mencari informasi. Dalam pembuatan perpustakaan ini menggunakan PHP sebagai program aplikasinya dan MYSQL sebagai database server telah terangkum dalam salah satu aplikasi XAMPP. Metode perancangan sistem informasi perpustakaan menggunakan waterfall terdiri dari requirement analysisis, design, implementation, testing dan maintenance. Hasil dari penelitian adalah terciptanaya sebuah aplikasi yang dapat mempermudah proses pendataan anggota perpustakaan, pendataan buku, pendataan anggota kunjungan tanpa harus menghabiskan waktu lama mengantri untuk mendaftar.
SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATIONS DEVELOPMENT (RAD) PADA HUMAN CAPITAL SERVICES GROUP PT BANK SYARIAH INDONESIA Tizareta Atsarina Zhafir; Bambang Subana
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi saat ini sangat berperan penting dalam kualitas suatu instansi. Penggunaannya tidak hanya sebagai proses otomatiasi terhadap percepatan pada suatu proses,akan tetapi juga menciptakan akurasi, kemudahan hingga kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi. PT. Bank Syariah Indonesia (BSI), merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang baru berdiri di Februari 2021 sebagai hasil penggabungan ketiga Bank Syariah terbesar di Indonesia. Data dan informasi mengenai dokumen masih di simpan secara manual sehingga mempersulit sekretaris untuk melakukan pencarian, melacak dokumen- dokumen referensi, beberapa pekerjaan yang terlewat karena dokumen yang hilang serta keterlambatan dalam proses operasional. Kesimpulan dari pembuatan aplikasi ini dapat memudahkan pihak staff karyawan dalam melakukan membuat penomoran dokumen secara otomatis dan unik, dengan menggunakan program aplikasi ini dokumen yang disimpan lebih aman dan memudahkan untuk di akses, penghematan tempat penyimpanan tanpa menggunakan lemari arsip, media penyimpanan data jumlahnya lebih besar dan keamanan data lebih terjamin.
SISTEM PEMBAYARAN SPP PADA TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN LA TANSA SALAF BERBASIS WEB Denis Maulana; Dewi Estri Jayanti Harahap
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pemanfaatan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada suatu instansi belumlah maksimal. Salah satunya adalah dalam pengelolaan data pembayaran SPP di berbagai instansi sekolah masih menggunakan cara konvensional dan belum terkomputerisasi. Sehingga masih kesulitan dalam mengatur dan menangani data-data pembayaran SPP yang sangat banayak, oleh sebab itu dapat menyebabkan kesalahan fatal yang dapat merugikan instansi dan orang-orang yang terkait. Berdasarkan atas kondisi tersebut, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berbasis web yang akan membantu pengelolaan data pembayaran SPP di instansi tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model waterfall untuk perancangannya yang meliputi empat tahap, yaitu analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Untuk membangun dan merancang sistem informasi berbasis web tersebut, penulis menggunakan Bahasa pemprograman PHP dan MySQL, serta untuk tampilan antarmuka menggunakan desain responsive dari Framework Bootstrap. Hasil dari peneitian ini adalah sistem informasi pembayaran SPP berbasis web dapat berguna untuk membantu yayasan Taman Kanak-Kanak Yayasan La-Tansa Salaf dalam hal mengelola data siswa, pembayaran SPP dan laporan SPP secara keseluruhan. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan agar lebih efektif dan efisien.
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DEPOK 01 Rahmat Kurnia; Warno
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya minat belajar Bahasa Inggris disekolah dasar salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru secara konvensional, hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran bahasa inggris. Bahasa Inggris dasar memerlukan penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan mempermudah dalam memahami materi pelajaran, salah satunya dengan penerapan media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk aplikasi/software berbasis computer. Ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk aplikasi / software berbasis komputer, agar dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran bahasa inggris. Metode yang di gunakan adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan proyek, uji coba dan implementasnya. Dengan adanya media pembelajaran multimedia interaktif ini akan bermanfaat bagi siswa dan mempermudah memahami materi pembelajaran bahasa inggris dasar. Dalam membangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Media Interaksi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC 2017 sebagai pembuatan program, Adobe Photoshop CC 2020 sebagai pembuatan desain gambar, Fruity Loops 20sebagai pengolah suara. Pengembangan sistem ini menggunakan (MDLC) Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, Dan Distribution. Aplikasi ini dapat dijalankan pada PC (Dekstop) danAndroid dan Aplikasi ini belum ada database dan belum bisa diakses melalui Internet. Hasil dari penelitian ini dapat membantu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bahasa inggris dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
SISTEM INFORMASI PEMASARAN KOMODITI HEWAN BERBASIS WEBSITE PADA USAHA DAGANG BERKAH Muhammad Sabar; Tresna Yudha Prawira
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Dagang Berkah (UD Berkah) merupakan bentuk usaha yang bergerak dibidang pemasaran komoditi hewan, yaitu kambing dan sapi. Karena kegiatan pemasarannya masih menggunakan cara konvensional, maka terdapat kendala kendala diantaranya; informasi yang disampaikan kepada objek pemasaran sangat terbatas, prosesnya relatif lama, spesifikasi komoditi sangat minim, jumlah prospek tidak tercatat jumlahnya, laporan kegiatan pemasaran belum ada sehingga sulit ambil kebijakan karena informasi yang dijadikan sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan masih sangat terbatas. Sehingga dibutuhkan Sistem Informasi Komoditi Sapi dan Kambing yang dapat dijadikan sebagai solusi terhadap permasalahan yang ada. Berdasar pada permasalahan diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian dengan mengkaji berbagai teori dan metodologi relevan dengan tujuan untuk mendapatkan akar masalah dan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penulis mengusulkan solusi dalam bentuk pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Komoditi Hewan Berbasis Website dengan pendekatan metodologi SDLC (System Development Life Cycle), yang terdiri dari tahapan planning, analysis, design, dan implementation. Hasil penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Komoditi Sapi dan Kambing yang dapat membantu sebagai media promosi, booking pembelian sapi atau kambing, layanan pendaftaran anggota, dan media komunikasi. Disamping itu Sistem Informasi pemasaran Sapi dan Kambing yang sudah dibangun mampu memperbaiki kinerja sistem yang ada sehingga posisinya menggantikan sistem manual menjadi berbasis sistem. Sistem informasi pemasaran sapi dan kambing masih banyak kekurangan, oleh karena itu inputan dan saran konstruktif selalu penulis harapkan demi perbaikan dimasa masa yang akan datang.
SISTEM PAKAR DENGAN PENDEKATAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENDIAGNOSA TROUBLESHOOTING/KERUSAKAN PADA KOMPUTER CV NEUTRON KOMPUTER Ma’mun Johari; Lidia Kandau
Jurnal Sibernetika Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika
Publisher : Prodi Teknik Informatika Universitas Saintek Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pakar adalah suatu program komputer atau sistem informasi yang mengandung beberapa pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia terkait suatu bidang yang cenderung spesifik. Sistem pakar mencoba mencari solusi sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Teknisi komputer membutuhkan waktu dalam mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada sebuah komputer (hardware), beberapa masalah bisa diperbaiki dengan mudah, tetapi mungkin tidak dapat diagnosa dengan baik karena kompleknya kerusakan pada komputer terhubung dengan komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk merekomendasikan sistem koreksi yang tepat dan akurat dimana sistem memanfaatkan kapabilitas proses penalaran untuk dapat mencapai hasil simpulan berdasarkan data dan fakta yang ada. Simpulan atau deskripsi tersebut dari sekumpulan data yang mentah (raw data), pengambilan keputusan tersebut berdasarkan hasil observasi, mulai dari analisis, pengenalan komponen, interpretasi, prediksi yang memproyeksikan akibat dari situasi dan kondisi tertentu yang dapat menentukan penyebab terjadinya malfungsi di dalam situasi yang kompleks berdasarkan gejala yang dapat diamati dengan mendiagnosa yang tepat. Metode forward chaining merupakan suatu metode penalaran kedepan yang dapat menjadikan fakta-fakta sebagai representasi pengetahuan untuk mendapatkan kesimpulan. Pada forward chaining, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Dengan aturan metode inferensi dapat menghasilkan suatu simpulan dari beberapa gejala yang disebutkan. Metode forward chaining ini salah satu yang digunakan teknisi komputer untuk mendiagnosa kerusakan pada komputer.

Page 1 of 4 | Total Record : 38