Jurnal Sibernetika
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal SIBERNETIKA

APLIKASI TEXT TO SPEECH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN XML JAVA

Dora Bernadisman (Universitas Saintek Muhammadiyah)
Riyad Lesdiansyah (Universitas Saintek Muhammadiyah)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini mempermudah hampir semua orang tidak terkecuali orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam hal berkomunikasi secara verbal atau tidak dapat berbicara. Komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, bagi orang-orang yang mempunyai keterbatasan dalam berkomunikasi dan hanya mengandalkan bahasa isyarat mungkin sangat berguna apabila ada suatu aplikasi yang dapat membantu mereka dalam berkomunikasi karena tidak semua orang mampu mengerti bahasa isyarat seperti mereka. Aplikasi yang mampu membantu berkomunikasi dengan lancar dan dapat dimengerti oleh lawan bicaranya juga dapat digunakan lebih dari dua bahasa atau bahkan lebih. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan beberapa tahapan seperti Requirement Analisys, Design, Testing Coding, Implementation and Maintenance. Menggunakan Bahasa Pemrograman XML Java dan aplikasi berbasis Android karena menggunakan Android Studio sebagai sarana integrasinya.Hasil penelitian ini telah berhasil membuat sebuah aplikasi Text to Speech Berbasis Android Menggunakan XML Java yang dapat membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan berbicara dan juga dapat membantu dalam belajar pengucapan bahasa asing umumnya bahasa inggris dan tiga bahasa lainnya. Aplikasi ini pun berhasil diimplementasikan sekitar 80% sesuai dengan yang di inginkan oleh penulis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sibernetika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), Microcontroller, Expert System (Sistem Pakar), Network System, Mobile Computing,Smart System, Software Development, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture, E-Commerce, Supply Chain Management, Knowledge Management System, Customer ...