AL-MANSYUR
Vol 1 No 2 (2022): PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PRODUKTIF

SUMBANGSIH SERTIFIKAT HALAL DALAM KONTRIBUSI USAHA PADA WAROENG STEAK AND SHAKE DI LUMAJANG

Saifuddin (Unknown)
Abrori (Unknown)
Bahrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Negara Indonesia kini mengalami perkembangan bisnis dibidang kuliner, sehingga restoran atau rumah makan lokal bersaing memutar otak untuk memberikan pelayanan yang baik dan unik dalam meningkatkan minat pelanggannya masing-masing. Ditambah dengan perkembangan globalisasi yang semakin cepat banyak bermunculan restoran/rumah makan ala luar negeri yang sedang banyak digandrungi masyarakat lokal. Namun negara Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim pastinya akan berhati-hati dalam memilih rumah makan, dikarenakan dalam Islam ada hukum halal dan haram yang mengatur mereka, sehingga sebuah rumah makan diharapkan dapat memiliki serifikat halal dari MUI selaku badan pemerintahan yang mengawasi ini, begitu juga pada waroeng steak and shake. Tujuan penelitian ini, bagaimana penting dan perannya menggunakan sertifikat halal pada usaha waroeng steak and shake. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Sertifikat halal sangat penting kebaradaanya pada usaha rumah makan, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada usaha waroeng steak and shake. 2). Peran sertifikat halal pada usaha waroeng steak and shake dalam meningkatkan pelanggan sangatlah besar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almansyur

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Al-Mansyur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah di STAI Nahdaltul Ulama (STAINU) Malang. Sebuah jurnal tentang kajian Ekonomi dan Bisnis syariah yang meliputi beberapa sub bidang, yang diantaranya adalah Ekonomi Islam, Manajemen Bisnis, Pemasaran, SDM, Keuangan dan lain-lain.. Diterbitkan oleh ...