Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan PBL terhadap hasil belajar mahasiswa serta kaitannya dengan Indeks Prestasi Semester I, Self Directed Learning (SDL) dan kinerja tutor.Metode penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental denganpendekatan kuantitatif, menggunakan desain Intact Group Comparison, terdiri dari duakelompok penelitian, yaitu kelompok perlakuan (PBL) dan kelompok kontrol (non PBL). Penelitian dilakukan di universitas patria artha pada bulan januari – mei 2023. SampelSampel sebanyak 120 mahasiswa Semester II, terbagi dalam 3 kelas, yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelompok perlakuan dan 2 kelas sebagai kelompok kontrol. Analisis data melalui uji t tidak berpasangan, Mann-Whitney, regresi berganda, dan Korelasi Pearson. Kemaknaan hasil uji ditentukan berdasarkan nilai p<0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode PBL terhadap nilai ujian tulis materi Pelayanan KB dan Kesehatanreproduksi dengan mempertimbangkan faktor IP Semester sebelumnya (IP Semester I)(p=0,001), tidak terdapat pengaruh metode PBL terhadap SDL (p=0,548), tidak terdapathubungan bermakna antara kinerja tutor dengan nilai ujian tulis materi KB (p=0,360),terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan kemampuan SDL mahasiswa(p<0,001), dengan nilai korelasi 0,559 yang menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang.Simpulan bahwa Implementasi metode PBL berpengaruh terhadap nilai ujian tulis, metode PBL tidak berhubungan dengan kemampuan SDL mahasiswa, kinerja tutor tidak berhubungan dengan nilai ujian tulis, namun berhubungan dengan kemampuan SDL mahasiswa. Perlu disempurnakannya penerapan metode PBL pada materi Pelayanan KB danKesehatan Reproduksi, serta meningkatkan pelaksanaan tutor training yang lebih optimal,intensif, dan berkesinambungan.
Copyrights © 2023