Pendidikan kesehatan adalah upaya dan kegiatan yang dilakukan oleh perawat sebagaisalah satu bentuk implementasi keperawatan pada individu, keluarga dan masyarakatuntuk meningkatkan kemampuan klien mencapai kesehatan yang optimal. Remaja putriyang mengalami menarche butuh proses penyesuaian diri dengan perubahan yang dialamisehingga menimbulkan respon berupa kebingungan, rasa cemas, sedih, stres, sampaidengan mudah marah dan emosional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakahada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kecemasan remaja putri menghadapimenarche di SMPN 3 Marang.Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Metode penelitian Pre-eksperimental design ini dilakukan pada sutu kelompok yaitu kelompok eksperimen yangmendapatkan perlakuan dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL).Bentuk desain yang digunakan oleh peneliti yaitu One Group Pretest Post test. Populasidalam penelitian adalah semua siswi kelas VII di SMPN 3 Marang Pangkep dengan jumlah74 siswi, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yangsiap untuk diteliti sebanyak 22 responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi danekslusi. Uji analsisi pada penelitian ini menggunakan uji statistic paired T test.Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan yang dibuktikandengan menurunnya presentase kecemasan siswi sebelum diberikan pendidikan dengankecemasan sedang 54,5% dan setelah diberikan pendidikan menjadi tidak ada kecemasan27,3% menghadapi menarche. Ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan dengansebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan nilai P value 0,000 < 0,05.Dari hasil penelitian ini disarankan peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih jauh hal-halyang mempengaruhi tingkat kecemasan remaja menghadapi menarche dan melakukanpemberian edukasi secara rutin dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024